`

KPU Tetapkan Hasil Rekapitulasi Nasional, Jokowi-Ma’ruf Pemenang Pilpres 2019

KPU Tetapkan Hasil Rekapitulasi Nasional, Jokowi-Ma’ruf Pemenang Pilpres 2019 Suasana Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan dan Perolehan Suara Tingkat Nasional Pileg Pilpres di kantor KPU, Jakarta.

STV.CO.ID – Akhirnya KPU RI telah merampungkan rekapitulasi suara nasional Pilpres 2019 di 34 provinsi pada Selasa (21/5) dini hari.

Hasilnya, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin meraih total 85.607.362 suara (55,50 persen), sementara Prabowo-Sandiaga Uno memperoleh 68.650.239 suara (44,50 persen).

Pasangan capres dan cawapres nomor urut 01, memenangi Pilpres 2019 dengan selisih perolehan suara sebesar 16.957.123 atau 11 persen.

"Ya (ditetapkan hari ini), semua (pileg dan pilpres), KPU menetapkan secara nasional," kata Arief Budiman, Ketua KPU, dikutip dari CNN Indonesia.

BACA JUGA: Sejarah Yahudi di Indonesia, Kini jadi Komunitas Tersembunyi

BACA JUGA: Pemprov Kaltim Jajaki Bisnis dengan APT Pranoto Samarinda

Arief menjelaskan setelah penetapan hasil rekapitulasi, peserta pemilu punya waktu maksimal tiga hari untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Jika tak ada gugatan, maka KPU punya waktu tiga hari untuk menetapkan calon terpilih, baik pilpres maupun pileg.



"Misalnya hari ini 21 Mei, maka tanggal 22, 23, 24 Mei. Kalau 24 Mei enggak ada sengketa, maka KPU tiga hari berikutnya punya kesempatan menetapkan calon terpilih untuk paslon sama DPD, kalau partai akan ada penetapan calon terpilih dan perolehan kursi," tuturnya.

Arief membantah KPU mempercepat proses rekapitulasi suara tingkat nasional untuk menghindari aksi unjuk rasa people power.

Aksi itu rencananya digelar 22 Mei bertepatan dengan hari terakhir rekapitulasi nasional.

"Bukan, memang ada, coba kamu lihat cara kita bahas tadi kan biasa aja," ujarnya.

Dari 34 provinsi yang telah direkapitulasi, Jokowi-Ma'ruf mencatatkan kemenangan di 21 provinsi. Mereka menang di Kalimantan Tengah, Jawa Timur, Bangka Belitung, Bali, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, dan Nusa Tenggara Timur.

Selanjutnya di Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Lampung, Kalimantan Timur, Yogyakarta, Sulawesi Barat, Kalimantan Barat, Gorontalo, Kalimantan Utara, DKI Jakarta, Sumatra Utara, Papua, Papua Barat, dan Maluku.

Di saat yang sama, Prabowo-Sandi menang di Jawa Barat, Jambi, Sumatra Selatan, Maluku Utara, Kalimantan Selatan, Bengkulu, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Banten, Nusa Tenggara Barat, Aceh, Sulawesi Selatan, dan Riau. (*)

Penulis: Redaksi STV.CO.ID

Artikel Terkait