`

Rambu Kotak Kuning di Simpang Lembuswana, Ini Fungsinya

Rambu Kotak Kuning di Simpang Lembuswana, Ini Fungsinya Yellow Box Junction (YBJ) di simpang empat Lembuswana

STV.CO.ID, Samarinda - Dinas Perhubungan (Dishub) Samarinda membuat rambu baru, yang sekilas terlihat seperti kotak kuning di simpang empat Lembuswana. Kotak kuning yang dalam istilah perhubungan disebut sebagai Yellow Box Junction (YBJ) berfungsi sebagai pemecah kemacetan, yang kerap terjadi di persimpangan dengan area yang cukup luas. 

Ismansyah, Kepala Dinas Perhubungan  Samarinda,  mengatakan YBJ akan mengontrol jumlah kendaraan yang berada di tengah persimpangan. Dengan mencegah penumpukan antrean kendaraan.

"Karena kadang kendaraan itu terjebak di tengah simpangan. Nah, dengan YBJ ini, jika pengendara melihat jalan di depannya tersendat seharusnya tidak memaksakan untuk masuk ke area kotak kuning, meski traffic light masih menunjukan warna hijau. Sehingga jika jalur lain hijau, tidak akan terjadi kemacetan," ucap Ismansyah. 

Dishub menetapkan satu bulan masa sosialisasi area YBJ ini. Nantinya setelah satu bulan, jika pengendara tetap nekat melanggar aturan ini, dapat diganjar sanksi tilang dengan denda Rp 500 ribu hingga kurungan penjara selama dua bulan. Dasar pembuatan YBJ, diatur dalam UU No 2 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Kita sosialiasasi dulu, selama satu bulan. Baru kita terapkan sanksi," tandasnya. (fan)

 

BACA JUGA: 100 Ribu Lowongan CPNS Dibuka Oktober 2019

BACA JUGA: Utang Pemkot Masih Rp 45 Miliar, Ditarget Lunas Tahun ini

Penulis: Redaksi STV.CO.ID

Artikel Terkait