`

Solusi Jangka Pendek, Pemkab Kukar akan Kembalikan Fungsi Sungai

Solusi Jangka Pendek, Pemkab Kukar akan Kembalikan Fungsi Sungai Banjir Kukar

STV.CO.ID, Kutai Kartanegara – Hujan deras yang mengguyur kota raja membuat sebagian wilayah Tenggarong  tergenang banjir.

Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah, langsung turun ke sejumlah titik banjir. Dalam peninjauannya Edi Damansyah ingin memastikan warga yang rumahnya tenggelam sudah dievakuasi, dan dilakukan penanganan secara cepat.

"Sebetulnya titik-titik ini memang yang setiap terjadi hujan deras dengan jangka waktu hujan yang panjang pasti terjadi banjir, tapi ini yang paling tertinggi," kata Edi.

Edi menyampaikan secara geografis titik yang terkena banjir merupakan daerah cekungan.

"Jadi salah satu yang kita amati disini tadi drainasenya untuk menyalurkan ke Sungai Mahakam tidak bisa optimal, mungkin mulai besok kita sudah menindaklanjuti masalah ini," paparnya.

Pemerintah Kutai Kartanegara langsung menyiapkan dua opsi penanganan banjir yakni opsi jangka pendek dan jangka panjang.

BACA JUGA: Banjir dan Tanah Longsor Terjang Tenggarong

BACA JUGA: Ketua MUI Banjar Bercerita tentang Kesabaran Guru Sekumpul Hadapi Penyakit

Pemerintah akan mengembalikan fungsi Sungai Kejawi untuk mengalirkan air hingga ke Sungai Mahakam.

"Sungai Kejawi ini tadi sudah ditelusuri, dari sini sampai ke sungai mahakam, ada beberapa rumah yang menutup aliran sungai,"

Edi meminta partisipasi dan pengertian warga untuk mendukung rencana pemerintah mengembalikan fungsi Sungai Kejawi.

"Nanti akan kita lakukan diskusi dan musyawarah, sehingga nanti akan terinventarisir rumah-rumah yang berdiri di Sungai Kejawi," tambahnya.

Untuk jangka panjang, Pemkab Kukar akan membangun folder air guna tempat penampungan air sebelum disalurkan ke sungai.

"Namun akan kita persiapkan mungkin bisa di kawasan ini membangun folder selaku alternatif jangka panjangnya" Tutup Edi. (fdl)

Penulis: Redaksi STV.CO.ID

Artikel Terkait