`

Bikin Bangga, Sarung Samarinda Menuju Fashion Show Kriya Nusa di Jakarta

Bikin Bangga, Sarung Samarinda Menuju Fashion Show Kriya Nusa di Jakarta Samarinda tampilkan busana sarung Samarinda Fashion Show Kriya Nusa

STV.CO.ID, Samarinda – 10 motif sarung Samarinda akan disulap menjadi 10 busana etnik khas Kota Tepian, melalui tangan desainer ternama dari Jakarta, Wieke Dwiharti. Wieke dikenal melalui brand miliknya, Bagusbagus. Selain sentuhan desainer Jakarta, 10 motif sarung Samarinda juga akan mendapat sentuhan tangan dari desainer Kota Tepian, bernama Novita Ismawarni, yang dikenal dengan brand kinanti_couture di Perum Bumi Sempaja. Kedua desainer ini akan menampilkan 20 busana dari sarung Samarinda di Kriya Nusa, pada 11-15 September 2019 di Balai Kartini Jakarta.

Keikutsertaan Samarinda di Kriya Nusa menjadi program Dewan Kerajinan Nasional Kota Samarinda (Dekranasda Samarinda), dalam mengembangkan produk lokal Kota Tepian.

“Di acara Kriya Nusa 2019, kami Dekranasda Samarinda akan berpartisipasi untuk pertama kalinya di kegiatan fashion show dengan materi busana sarung Samarinda” kata Puji Setyowati Jaang, Ketua Dekranasda Samarinda.

“Kita akan tampilkan 20 busana sarung Samarinda, karya Wieke Dwiharti dari Jakarta dengan 10 busana dan dari Samarinda ada rancangan Novita Ismawarni dengan 10 busana, mudah-mudahan bisa memberikan gambaran elegannya sarung Samarinda menjadi bahan busana daily,“ lanjut istri Wali Kota Samarinda.

Pada kegiatan Kriya Nusa 2019, Dekranasda Samarinda juga bekerjasama dengan Dekranas RI, bukan hanya pemilihan disainer yang merancang busana, tetapi juga untuk koreografer, penata musik, hingga 20 model dari Jakarta.

“Sebuah garapan yang profesional, jadi jika ingin menyaksikan bisa hadir di Gedung Balai Kartini, jalan Gatot Subroto, Jakarta, pada Sabtu (14/9/2019) Pukul 14:00 WIB, Samarinda akan tampil pada slot ketiga,” ungkap Puji.

Sementara itu, Ketua Harian Dekranasda Samarinda, Muhammad Faisal, menjelaskan persiapan kegiatan ini sudah mencapai 90 persen. Dekranasda juga terus melakukan koordinasi dengan Dekranas RI “Doakan mudah-mudahan semuanya lancar sesuai yang diharapkan, karena kita ingin sarung Samarinda bisa lebih kuat, dan go internasional di 2020 nanti, sehingga semua garapan kita serahkan ke ahlinya, orang-orang professional semua, biar tampilan menjadi luar biasa,” kata Faisal, yang juga merupakan Kepala Dinas Perindustrian Samarinda. (*)

Penulis: Redaksi STV.CO.ID

Artikel Terkait