`

Bupati Kukar: Pemindahan Ibu Kota ke Kaltim Keputusan Tepat

Bupati Kukar: Pemindahan Ibu Kota ke Kaltim Keputusan Tepat Edi Damansyah saat mendampingi Jokowi saat mengunjungi Bukit Soeharto

STV.CO.ID, Kutai Kartanegara – Presiden Joko Widodo telah menyampaikan dengan resmi pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur, yaitu di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kabupaten Kutai Kartanegara. Pengumuman tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin (26/8/2019).

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur," kata Jokowi.

Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah, menyambut baik pemindahan IKN ke Kalimantan Timur, tepatnya sebagian wilayah Kutai Kartanegara. Menurut Edi, pemindahan IKN ke Kaltim merupakan pilihan tepat. Karena nantinya percepatan pembangunan akan terfokus di Kaltim. "Kita sangat berterima kasih kepada bapak presiden, bapak Jokowi, bahwa langkah kebijakan ini, kalau versi kita di Kalimantan sangat tepat, karena selama ini yang dibangun pulau Jawa,” ungkap Edi.

Edi Damansyah menyampaikan, selama 74 tahun Indonesia merdeka, trans Kalimantan belum tertata dengan baik. "Kita berharap trans Kalimantan bisa dibangun dengan baik, sehingga perputaran ekonomi bisa lebih cepat," terang Edi.

Edi berharap ada keseimbangan pembangunan, karena selama ini kontribusi Kutai Kartanegara dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang dihasilkan untuk negara mencapai Rp 143 triliun, sedangkan Dana Bagi Hasil (DBH) ke Kutai Kartanegara hanya Rp 3 triliun. "Kita ingin kebijakan ini selain mendukung pertumbuhan juga memberikan kesejahteraan," pungkasnya. (fdl)

Penulis: Redaksi STV.CO.ID

Artikel Terkait