`

DPRD Kaltim Perkuat Kapasitas dan Fungsi Kerja

DPRD Kaltim Perkuat Kapasitas dan Fungsi Kerja Wakil Ketua III DPRD Kaltim Sigit Wibowo menyampaikan sambutan sekaligus menutup kegiatan bimtek yang berlangsung di Kota Batam

STV.CO.ID, Samarinda - Sebagai salah satu bentuk upaya berbenah diri dalam meningkatkan kualitas produk peraturan daerah (perda), maupun dalam menjalan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) setiap anggota legislatif, DPRD Kaltim saat ini telah melakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan mengikuti kegiatan pelatihan bimbingan teknis (bimtek).

Selama tiga hari lamanya atau terhitung sejak 11 sampai 13 Desember 2019, seluruh anggota dewan maupun unsur pimpinan mengikuti kegiatan bimtek yang berlangsung di Kota Batam tersebut. Baik anggota dewan dan pimpinan sama-sama mengikut pelatihan pendalaman tugas yang mereka pegang.

Wakil Ketua III DPRD Kaltim Sigit Wibowo dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan bimtek tersebut sangat membantu dirinya maupun anggota dewan yang lain untuk memperdalam pemahaman atas fungsi dan tugas yang dimiliki legislatif.

Dengan bekal keilmuan yang sebelumnya didapatkan dalam bimtek dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebelumnya maupun yang diselenggarakan di internal DPRD Kaltim, diharapkan akan semakin meningkatkan kualitas dan kapasitas para anggota legislatif dalam menjalankan tugas mereka sebagai wakil rakyat.

“Pelaksanaan kegiatan bimtek ini, saya kira akan semakin menambah ilmu pengetahuan bagi anggota dewan. Dan pelatihan ini akan semakin memantapkan pemahaman kami sebagai anggota dewan dalam menjalankan tugas ke depan,” kata Sigit.

Selain itu, dengan berbagai keilmuan yang didapatkan dalam kegiatan bimtek itu, Sigit mengharapkan, para anggota dewan Karang Paci akan semakin gesit dalam bekerja. Sehingga bisa ikut mengawasi program pemerintah dengan baik dan membuat produk aturan-aturan yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya kira, setiap anggota DPRD Kaltim memang harus terus meningkatkan kualitas dan pemahaman terhadap peran mereka, apalagi sekarang Kaltim telah ditunjuk sebagai ibu kota negara (IKN). Tentunya, DPRD Kaltim harus bergerak dan memacu diri menuju parlemen yang modern menyambut ibu kota negara,” tuturnya.

Politikus Partai PAN ini mengingatkan, tugas DPRD Kaltim selama 5 tahun ke depan terbilang akan cukup berat. Karena ditunjuknya Kaltim sebagai lokasi IKN, otomatis akan menjadi bagian dari tugas DPRD Kaltim untuk ikut mengawasi berbagai penyelenggaraan pembangunan tersebut. Utamanya dalam mendorong kesiapan Pemerintah Kaltim menyongsong pelaksanaan megaproyek tersebut.

Dia sangat berharap, setiap keilmuan yang didapatkan dalam bimtek dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mendorong akselerasi pembangunan di Kaltim, serta membantu para anggota legislatif dalam mengawasi penyelenggaraan pembangunan IKN ke depannya.

“Sekali lagi, saya kira, bimtek yang sudah diikuti ini, sangat baik dan positif untuk menguatkan kapasitas kami sebagai anggota legislatif, serta dalam rangka menjalankan tugas dan kewenangan, sehingga tugas yang sudah dipercayakan masyarakat dapat kami emban sebaik mungkin,” tandasnya.

Untuk diketahui, kegiatan bimtek DPRD Kaltim menghadirkan dua pemateri  yang ahli di bidangnya masing-masing, yakni Dr. Sukaca, SH, MH, M.Si dari Kemendagri dengan materi Fungsi Tugas dan Wewenang serta Hak dan Kewajiban DPRD. Kedua, Prof. Dr. Nurliah Nurdin, MA sebagai Guru Besar IPDN dengan materi Strategi Penyusunan Rencana Kerja DPRD 2020 dan Penataan Hubungan Eksekutif Legislatif. 

Penulis: Redaksi STV.CO.ID

Artikel Terkait