`

Fraksi PKB Targetkan Ketua Komisi I, Syafruddin Jalin Komunikasi Lintas Fraksi

Fraksi PKB Targetkan Ketua Komisi I, Syafruddin Jalin Komunikasi Lintas Fraksi Ketua fraksi PKB DPRD Kaltim, Syafruddin

STV.CO.ID, Samarinda – Resmi dilantik menjadi Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK tengah mengejar pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang ditarget rampung akhir Oktober ini. Sejumlah fraksi di DPRD Kaltim pun diketahui telah menjalin komunikasi guna menempatkan kadernya di AKD.

Ketua Fraksi PKB DPRD Kaltim, Syafruddin, mengaku telah menjalin komunikasi lisan dengan beberapa fraksi. Bahkan ia optimistis mendapatkan posisi Ketua Komisi I DPRD Kaltim, sebelum nantinya disahkan melalui agenda resmi rapat paripurna DPRD Kaltim. "Kami optimistis kursi Ketua Komisi I DPRD Kaltim bisa diduduki. Kader kami, Jahidin, telah kami siapkan menduduki posisi ketua tersebut," kata Syafruddin.

Udin, sapaannya, telah mendorong pimpinan DPRD Kaltim untuk membagi AKD ini lebih proporsional, lantaran posisi fraksi PKB saat ini memiliki kekuatan 6 kursi, dan ditambahkan 1 kursi gabungan dari Partai Hanura. 

"Saya berharap pembentukan AKD ini bisa cepat dilakukan, dan menargetkan akhir Oktober ini selesai dan diparipurnakan. Tentunya jika resmi dilantik, sejumlah pekerjaan rumah yang telah menunggu bisa diselesaikan," papar Udin.

Diakui, saat ini ada banyak aduan masyarakat terkait kinerja sejumlah OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltim. Salah satunya aduan untuk Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kaltim, yang perlu dilakukan pemeriksaan.

Sementara itu, Ketua fraksi Gerindra DPRD Kaltim, Bagus Susetyo, mengatakan, pembentukan AKD diharap lebih adil dan mengutamakan kebersamaan seluruh anggota dewan. "Intinya pembagian AKD di DPRD Kaltim harus adil dan proporsional. Apalagi fraksi Gerindra memiliki jatah posisi Wakil Ketua DPRD Kaltim, hal ini yang perlu menjadi perhatian," kata Bagus.

Disinggung terkait posisi Ketua Badan Peraturan Daerah (Baperda) DPRD Kaltim, yang diincar oleh Fraksi Gerindra, Bagus tidak membenarkan. Menurutnya, Gerindra memiliki peluang yang sama menduduki semua posisi AKD di DPRD Kaltim. Hanya saja, pihaknya mempercayakan seluruhnya kepada pimpinan DPRD, dengan harapan pembagian yang merata. (sam)

Penulis: Redaksi STV.CO.ID

Artikel Terkait