`

Hadapi Pilkada Serentak 2020, PDIP dan Gerindra Buka Peluang Berkoalisi

Hadapi Pilkada Serentak 2020, PDIP dan Gerindra Buka Peluang Berkoalisi Safaruddin, Ketua PDIP Kaltim

STV.CO.ID, Samarinda – 2020, ada 9 kabupaten/kota di Kaltim yang akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah serentak. Tiap partai saat ini tengah mempersiapkan kader terbaiknya hingga membangun koalisi lintas partai demi memenangkan pasta demokrasi akbar lima tahunan ini.

PDI Perjuangan dan Gerindra sebagai poros kekuatan politik nasional, saling memberi signal berkoalisi memenangkan pilkada serentak di Kaltim.

Safaruddin, Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim menyatakan membuka kemungkinan terjadinya koalisi antara PDIP dan Partai Gerindra. “Tidak menutup kemungkinan, bisa saja kami berkoalisi, karena tidak ada perintah langsung untuk mengikuti koalisi di pilpres lalu,” ujar Safaruddin.

Sementara itu, Andi Harun, Ketua DPD Gerindra Kaltim mengaku telah bertemu dengan Safaruddin, membahas kemungkinan berkoalisi di pilkada serentak 2020. “Itu benar, saya sudah menyampaikan langsung ke Pak Safaruddin mudah-mudahan bisa terjadi koalisi Gerindra dan PDI Perjuangan di Samarinda dan banyak tempat di Kaltim yang menggelar pilkada 2020,” terang Andi Harun.

Andi Harun menambahkan, meski Gerindra dan PDIP berada di koalisi berbeda pada Pilpres 2019 lalu, namun di daerah, kedua partai ini masih memungkinkan untuk berkoalisi. “Situasi nasional juga membuat jalan koalisi itu kian dekat. Urusan pilpres sudah selesai, sekarang urusan daerah,” lanjut Andi Harun.

Dikonfirmasi akan mendaftar ke PDI Perjuangan Samarinda sebagai caon Wali Kota Samarinda, Andi Harun menegaskan menunggu waktu yang tepat untuk mendaftar. “Kita akan lihat, saya akan menghormati semua proses di partai politik, dan pada waktunya, sebagai calon wali kota saya akan mengikuti proses itu,” pungkas Andi Harun. (*)

Penulis: Redaksi STV.CO.ID

Artikel Terkait