`

Isran: Lokasi Ibu Kota Masih Dirahasiakan, Pekan Depan Rapat Lagi dengan Bappenas

Isran: Lokasi Ibu Kota Masih Dirahasiakan, Pekan Depan Rapat Lagi dengan Bappenas Isran Noor/Gubernur Kaltim

STV.CO.ID, Samarinda – Sempat dikabarkan lokasi ibu kota baru akan diumumkan oleh Presiden RI, Joko Widodo pada pidato kenegaraan, Jumat (16/8/2019), tapi nyatanya urung dilakukan. Dari dua pidato yang disampaikan, Presiden tidak menyebut pasti dimana lokasi pengganti DKI Jakarta.

Namun, mantan Wali Kota Solo ini, sempat meminta izin kepada masyarakat Indonesia terkait rencana pemerintah memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan.

"Dengan memohon rida Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari bapak ibu anggota dewan yang terhormat, para sesepuh, dan tokoh bangsa, terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke pulau Kalimantan. Ibu kota yang bukan hanya simbol identitas bangsa, tetapi juga representasi kemajuan bangsa,” ucap Jokowi.

Menanggapi hal ini, Isran Noor, Gubernur Kaltim menyampaikan tidak ada penundaan pengumuman lokasi ibu kota baru. Hanya saja lokasi pastinya masih dirahasiakan.

"Pengumumannya dipindah ke Kalimantan, hanya dimana lokasi tepatnya masih dirahasiakan. Ini tidak diundur (pengumumannya). Hari Selasa atau Rabu (19-20 Agustus) saya ada rapat teknis lagi dengan menteri Bappenas di Balikpapan," ujar Isran.

Dirinya mengaku tidak mengetahui apakah rapat ini spesifik akan membahas soal keputusan lokasi ibu kota baru atau tidak. "Enggak masalah, kita dukung terus di manapun pemerintah mau menempatkan atau memindahkan ibu kota negara, saya tidak ada masalah. Rakyat kaltim, tidak ada yang mempersoalkan, kita dukung sepenuhnya," ujarnya.

Terkait soal penamaan ibu kota baru, jika nantinya Kaltim terpilih, Isran menyebut hal ini merupakan keputusan dari pemerintah pusat. "Itu nanti, kalau soal penamaan. Itu kan urusan pihak yang punya kewenangan, jadi soal nama itu urusan negara," ucapnya. (fan)

Penulis: Redaksi STV.CO.ID

Artikel Terkait