`

Jadi Daerah Penyangga IKN, Samarinda Siap Berbenah

Jadi Daerah Penyangga IKN, Samarinda Siap Berbenah Kemungkinan Lokasi IKN

STV.CO.ID, Samarinda - Kaltim tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, resmi diumumkan menjadi lokasi ibu kota negara (IKN). Posisi Samarinda yang berdekatan dengan lokasi IKN baru, mengharuskan Pemerintah Kota Samarinda ikut berbenah. Meski begitu, Syaharie Jaang, Wali Kota Samarinda mengaku tidak memiliki persiapan khusus terkait hal ini.

Jaang menyampaikan, akan ada pembenahan-pembenahan utamanya di bidang infrastruktur seperti jalan utama dan jalan lingkungan di Samarinda. Selain itu pembenahan kawasan ruang terbuka hijau, dan penerangan jalan umum menjadi prioritas untuk dibenahi. "Itu sebenarnya sudah saya lakukan  di periode pertama saya, memang masih ada yang belum sempurna," jelasnya.

Dari letak geografis Samarinda, Kecamatan Palaran dan Samarinda Seberang menjadi daerah terdekat dengan IKN. Jaang pun menjamin meski jaraknya cukup jauh dari pusat kota, ketimpangan pembangunan tidak akan terjadi di 10 kecamatan Samarinda. 

"Samarinda sekarang engga ada yang pinggiran, apalagi dengan adanya jembatan Mahkota Dua dan Mahulu, jadi dekat sekali dengan pusat pemerintahan Samarinda," ucapnya.

Wali kota dua periode ini menyebut, beberapa tahun terakhir pembangunan pusat layanan pemerintahan pemkot di dua kawasan tersebut juga terhitung bagus. "Di Palaran kantor camat baru, kantor lurah, aula, sampai puskesmas saya bangun di sana. Begitu juga di Kecamatan Samarinda Seberang, tahun ini kantor camatnya kita akan mulai bangun," jelasnya. (fan)

Penulis: Redaksi STV.CO.ID

Artikel Terkait