`

Jelang Pilkades Serentak, Calon Kades di Kukar Deklarasi Damai

Jelang Pilkades Serentak, Calon Kades di Kukar Deklarasi Damai Bupati Kukar Edi Damansyah, mengajak calon kepala desa sukseskan pilkades serentak

STV.CO.ID, Kutai Kartanegara – Pemkab Kutai Kartanegara melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar deklarasi damai untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019 wilayah III, di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Liang Ulu, Kota Bangun, Rabu (2/10/2019).

Deklarasi damai tersebut ditandai dengan pembacaan ikrar isi deklarasi pilkades, dipimpin oleh salah satu calon kades, diikuti oleh 148 calon kades lainnya. Pilkades serentak 2019 akan dilakukan di Kecamatan Kota Bangun, Tabang, Kembang Janggut, Kenohan, Muara Muntai, dan Muara Wis.

Pada agenda ini, Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah, turut hadir menyaksikan penandatangan nota kesepakatan deklarasi damai oleh perwakilan calon kades. Bupati menyampaikan penghargaan atas terlaksananya penyelenggaraan deklarasi ini, serta berharap kepada para calon kades, untuk dapat mengikuti ketentuan sesuai peraturan undang-undang yang berlaku.

Edi Damansyah menyampaikan terima kasih kepada panitia dan calon kades, yang mengikuti proses secara tertib sesuai prosedur yang ditetapkan. Menurut Edi, kewenangan diberikan kepada panitia pemiihan di tingkat desa. “Keberadaan pemkab hanya melakukan supervisi kalau ada hal-hal yang berkaitan dengan pembinaan pandangan regulasi terhadap beberapa persyaratan,” ujar Edi.

Diketahui jumlah calon di tiap desa variatif mulai dari 3 hingga 5 calon yang bertarung. Sehingga dalam proses ini dipastikan ada perbedaan, namun dengan perbedaan ini jangan sampai memecah situasi persaudaraan yang sudah terjalin dengan baik. “Jangan sampai agenda pilkades ini merusak hubungan persatuan dan persaudaraan,” tutur Edi.
Edi berharap, seluruh masyarakat Kutai Kartanegara turut berpartisipasi, menggunakan hak pilihnya dalam rangka peningkatan pembangunan demokrasi di Kutai Kartanegara. “Karena partisipasi masyarakat merupakan salah satu ukuran peningkatan pembangunan demokrasi,” terang Edi.

Nantinya, sebanyak 108 desa dari 16 kecamatan di Kutai Kartanegara, akan menyelenggarakan Pilkades serentak 2019, pada 16 Oktober 2019 mendatang, yang diikuti 421 calon kades. (fdl)

Penulis: Redaksi STV.CO.ID

Artikel Terkait