`

Komisi II DPRD Kaltim Fokus Tingkatkan PAD dan Pemisahan Aset Pemprov dan Perusda

Komisi II DPRD Kaltim Fokus Tingkatkan PAD dan Pemisahan Aset Pemprov dan Perusda Veridiana Huraq Wang, Ketua Komisi II DPRD Kaltim

STV.CO.ID, Samarinda - Seluruh Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Kaltim saat ini telah dibentuk dan diumumkan dalam rapat paripurna, Selasa (15/10/2019). Tak terkecuali Komisi II DPRD Kaltim, yang membidangi keuangan dan perekonomian. Veridiana Huraq Wang ditunjuk sebagai ketua komisi, dengan wakil ketua Baharuddin Demmu, dan sekretaris Bagus Susetyo. 

Setelah resmi menjabat sebagai ketua komisi II, Verdiana menyebut akan langsung menyusun program kerja yang terbagi per bulan, per triwulan, dan per tahun. "Dalam program kerja ini tentu komisi II ingin melihat tugas-tugas yang belum tuntas pada periode yang lalu," ujarnya.

Selain itu, tugas komisi dua yang berkaitan dengan perekonomian, dirinya berencana membahas Pendapatan Asli Daerah (PAD) atas pemanfaatan aset-aset oleh Pemprov Kaltim dan juga menggali potensi-potensi baru yang bisa dikembangkan. 

"Selama ini kalau kita lihat pendapatan terbesar masih dari sektor pajak kendaraan, padahal kita punya banyak aset yang sudah kita bangun namun belum dikelola dengan baik. Contohnya hotel dan stadion-stadion yang selama ini diam," tambahnya.

Merujuk pada peraturan pemerintah yang baru, saat ini aset milik pemerintah daerah dan badan usaha milik pemerintah harus dipisah. Hal ini juga menjadi salah satu  permasalahan, yang akan dirinya tertibkan bersama anggota komisi lainnya dalam waktu dekat.

"Kemarin juga banyak permintaan dari anggota dewan, untuk memerger (menggabungkan) perusda-perusda yang dinilai kurang produktif. Itu akan kita prioritaskan untuk dibahas," pungkasnya. (fan/adv)

Penulis: Redaksi STV.CO.ID

Artikel Terkait