`

Resmi Pimpin DPRD Kaltim, Makmur Kebut Pembentukan AKD

Resmi Pimpin DPRD Kaltim, Makmur Kebut Pembentukan AKD Pengambilan sumpah jabatan pimpinan DPRD Kaltim

STV.CO.ID, Samarinda – Makmur HAPK resmi menduduki posisi Ketua DPRD Kaltim, melalui rapat paripurna pengambilan sumpah jabatan pimpinan DPRD Kaltim, Selasa (01/10/2019) di Gedung Utama DPRD Kaltim. Pelantikan ini, sekaligus melantik 3 pejabat Wakil Ketua DPRD Kaltim, yakni Andi Harun dari Fraksi Gerindra, Muhammad Samsun dari Fraksi PDIP, dan Sigit Wibowo dari Fraksi PAN.

Menurut Makmur, usai dilantik menjadi ketua definitif, sejumlah persiapan akan dilakukan DPRD. Salah satunya mendukung rencana pemerintah pusat memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur. Selain itu, secara internal DPRD Kaltim akan mempercepat pembuatan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) guna memuluskan kinerja kedewanan.

"Selain mendukung rencana pemindahan IKN, kami juga mempercepat pembuatan AKD agar kawan-kawan di dewan bisa segera menjalankan tugas-tugasnya," kata Makmur.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kaltim, Andi Harun, berencana mengawal sejumlah pembangunan yang ada di Kaltim. Pengalamannya di legislatif selama beberapa periode, tentunya sudah membuahkan hasil, mulai dari menginisiasi pembangunan jalan tol, jembatan kembar, hingga pembangunan Islamic Center yang kini menjadi ikon Samarinda.

"Kami akan terus mengawal pembangunan di Kaltim agar dapat mensejahterakan rakyat Kaltim. Modal pengalaman mengawal sejumlah pembangunan infrastruktur di Kaltim, membuat kami optimistis Kaltim akan terus membangun menjadi provinsi besar di Indonesia," kata Andi Harun.

Disinggung terkait mosi tidak percaya yang dilakukan sejumlah mahasiswa pada saat aksi unjuk rasa belum lama ini, Andi Harun mengakui bahwa dewan mulai dari tingkat pusat hingga daerah belum mendapatkan citra baik di masyarakat. Namun hal ini menjadi tantangan anggota DPRD Kaltim, untuk bisa menunjukkan kepada masyarakat keberpihakannya. 

"Saya sering berdiskusi dengan kawan-kawan anggota DPRD yang lain, bahwa tidak cukup kita hanya berbicara berpihak kepada rakyat. Tetapi kita harus tunjukkan dengan cara meningkatkan kinerja kita agar nasib rakyat semakin baik," papar Andi. (sam)

Penulis: Redaksi STV.CO.ID

Artikel Terkait