`

Sedang Direhab Disdikbud Kaltim, Isran Malah Berniat Bongkar Gedung Bekas Serapo

Sedang Direhab Disdikbud Kaltim, Isran Malah Berniat Bongkar Gedung Bekas Serapo Gedung A Eks Serapo

STV.CO.ID, Kutai Kartanegara – Isran Noor, Gubernur Kalimantan Timur, menyebut akan membongkar gedung bekas Serapo di kawasan Museum Mulawarman. Menurut Isran, gedung tersebut tidak ada manfaatnya dan menggangu pemandangan. "Ini saya lihat lagi direhab bangunannya, padahal rencana saya mau saya bongkar, ini merusak pemandangan," ujar Isran Noor saat memberikan pidato pembukaan pesta adat Erau.

Menurut Isran, sebelum ada bangunan gedung bekas Serapo yang merupakan UPTD dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kukar, pemandangan Museum Mulawarman terlihat indah dari Sungai Mahakam. Namun, adanya bangunan ini melindungi pemandangan ke museum. "Dulu waktu mudik kelihatan ini keraton, halaman bangunan nyaman dilihat, indah, sekarang terlindung dengan dinding bangunan ini, memang saya ada niat membongkar bangunan ini, ingin saya jadikan taman yang bagus," jelas Isran.

Isran menyebut gedung eks Serapo tidak memiliki manfaat yang jelas. "Akan saya bongkar, karena itu tidak jelas manfaatnya, tapi nanti kita evaluasi dulu," kata Isran.

Menurut pantauan tim redaksi STV pada Senin (9/9/2019), di lokasi gedung eks Serapo, terlihat ada aktivitas renovasi gedung. Di depan gedung terdapat pelang proyek bertuliskan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi, Kalimantan Timur. 

Plang Proyek Perbaikan Gedung A Eks Serapo

Di pelang tersebut juga tertulis pekerjaan pembangunan gedung A eks Serapo, dengan nomor kontrak 641/91/UPTD-MUS-IX/VIII/2019 waktu pengerjaan tanggal 23 Agustus-20 Desember 2019, dengan nilai kontrak Rp 3,22 miliar melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltim tahun anggaran 2019. (fdl)

Penulis: Redaksi STV.CO.ID

Artikel Terkait