`

Serobot Hak Pengguna Jalan, DPRD Sidak 3 Hotel di Samarinda

Serobot Hak Pengguna Jalan, DPRD Sidak 3 Hotel di Samarinda Komisi III DPRD Samarinda didampingi Dinas Perhubungan melakukan sidak ke sejumlah hotel yang dikeluhkan masyarakat menyerobot hak pengguna jalan

 

STV.CO.ID, Samarinda – Jajaran Komisi III DPRD Samarinda melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah hotel di Samarinda, Jumat (8/11/2019). Sidak itu digelar berdasarkan keluhan masyarakat yang merasa hak menggunakan jalannya diserobot oleh penyedia hotel.

Ketua Komisi III DPRD Samarinda, Angkasa Jaya mengungkapkan, pihaknya akan memanggil Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk melakukan hearing pekan depan. "Senin lah mungkin kita panggil mereka," imbuhnya.

Pemanggilan Pemkot Samarinda ini didasari karena merekalah yang semestinya bertugas melakukan pengawasan. Sehingga, kata Jaya, penting untuk anggota DPRD Samarinda tahu apakah memang ada unsur pembiaran dalam kasus tersebut.

Ada 3 hotel yang didatangi oleh para legislator bersama Dinas Perhubungan. Pertama hotel di kawasan Jalan Merak, yang ternyata akses masuknya menyekat lintasan pejalan kaki, atau trotoar. Bahkan, kata Jaya, akses masuk ke hotel tersebut juga memakan bahu jalan sehingga merugikan pengguna jalan lainnya. "Parkirnya juga, kalau penuh di dalam akhirnya sampai ke badan jalan," tambahnya lagi.

Sementara 2 hotel lain yang disambangi ialah hotel yang terletak di kawasan Jalan Mulawarman. Salah satunya bahkan tidak memiliki lahan parkir dan tamu hotel harus menggunakan bahu jalan, padahal hotel tersebut memiliki 60-an kamar. Sedangkan hotel lainnya yang didatangi memiliki kasus serupa dengan hotel di Jalan Merak, alias memotong bahu jalan untuk akses masuk.

"Makanya kita adakan hearing dengan Pemkot Samarinda nanti selaku pihak yang berwenang mengawasi," tutup Jaya.

 

 

Penulis: Redaksi STV.CO.ID

Artikel Terkait