`

Soal Pelang Sekretariat Ormas di Gedung Pemerintah, Jaang: Semua Kita Fasilitasi

Soal Pelang Sekretariat Ormas di Gedung Pemerintah, Jaang: Semua Kita Fasilitasi Syaharie Jaang, Wali Kota Samarinda

STV.CO.ID, Samarinda – Seminggu sudah Tourism Information Center (TIC) dipasangi pelang yang bertuliskan sekretariat salah satu organisasi masyarakat (ormas) di Kaltim. Padahal, awalnya bangunan yang berada tak jauh dari Taman Samarendah ini, dibangun sebagai pusat informasi bagi para wisatawan.

Diminta tanggapannya mengenai hal ini, Syaharie Jaang, Wali Kota Samarinda mengaku telah mendapat informasi bahwa Kamis, (5/9/2019) pelang yang terpasang di TIC akan dibongkar.  "Engga ada masalah itu. Bilangnya hari ini (Kamis) dicopot, mereka sudah selesai rapat," ujarnya.

Ia memastikan persoalan ini telah ditangani oleh Wakil Wali Kota beserta instansi terkait. Termasuk pihak ormas yang mewakili tiga adat terbesar Dayak, Banjar, dan Kutai. Sehingga bagi Jaang persoalan ini harus disikapi dengan bijak. "Itu kan mereka hanya kantor sementara, cuma salahnya mereka pasang (pelang) di situ (TIC)," kata Jaang.

Wali kota dua periode ini membenarkan, sebelumnya dirinyalah yang memberikan disposisi kepada Dinas Kebudayaan, agar dapat memfasilitasi ormas yang ia sebut bergerak di bidang pembinaan kebudayaan. Jaang menambahkan, saat ini pihak ormas telah setuju untuk dipindah ke kantor lantai empat Dinas Kebudayaan Samarinda di Jalan Biola. 

"Kan disposisi saya (awalnya) bukan di situ (TIC), tapi di Museum Samarinda. Mereka (ormas) belum komunikasi dengan pemkot dan lihat itu (TIC) kosong jadi langsung dipasang. Padahal itu bukan milik Dinas Kebudayaan, tapi milik Dinas Pariwisata," jelasnya. 

Jaang menambahkan, sudah menjadi tugas pemerintah untuk memfasilitasi semua kelompok masyarakat, sehingga dirinya pun menjamin tidak ada kelompok lain yang merasa tidak diakomodir. "Semua lah kita fasilitasi, pemerintah kan tugasnya melayani masyarakat," katanya.

Namun dari hasil pantauan STV, hingga pukul 16.30 Wita belum ada tanda-tanda penurunan pelang dimaksud. Dikonfirmasi perihal ini kepada Darham, Kepala Satpol PP Samarinda lewat pesan singkat menyebut dari hasil rapat pada Senin (2/9/2019) lalu, pihak ormas telah setuju menurunkan sendiri pelang tersebut. 

“Nanti ormasnya sendiri yang turunkan, hasil kesepakatan waktu di rumjab hari Senin kemarin di hadapan Pak Wawali. Karena kami masih pegang kesepakatan yang dibuat waktu bertemu Wawali, mudahan malam ini atau besok sudah diturunkan,” ujarnya. (fan)

Penulis: Redaksi STV.CO.ID

Artikel Terkait