`

Tol Balikpapan-Samarinda Bisa Digunakan Tahun Ini

Tol Balikpapan-Samarinda Bisa Digunakan Tahun Ini tol Balsam

STV.CO.ID, Samarinda – Rencana pemindahan ibu kota negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur tentunya berdampak pada pekerjaan sejumlah proyek strategis nasional di Kaltim, yang bakal dikebut penyelesaiannya. Salah satunya jalan bebas hambatan Balikpapan-Samarinda (Balsam), yang ditargetkan rampung Oktober 2019 mendatang.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Gubernur Kaltim, Isran Noor, menyatakan jalan tol Balsam rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. "Jika Oktober selesai, presiden langsung yang akan meresmikan. Tapi jika belum selesai, kemungkinan akhir tahun 2019 baru akan dioperasikan," kata Isran.

Terkait tarif tol yang dipatok sekitar Rp 100 ribu, Isran masih belum melakukan pembahasan. Menurutnya, yang diutamakan adalah penyelesaian pembangunan. "Urgensinya memang tol ini bisa dipergunakan dahulu, sebab keberadaan jalan sepanjang 97 kilometer ini bisa menjadi alternatif masyarakat memangkas waktu jalan baik dari Samarinda ke Balikpapan, maupun sebaliknya," paparnya.

Peresmian tol Balsam rencanannya hanya dilakukan untuk seksi II, III, dan IV. Sementara seksi I dan seksi V yang merupakan wewenang pemerintah, masih terkendala pembebasan lahan. Proyek pembangunan tol Balsam menelan anggaran negara hingga Rp 10 triliun lebih ini, diprediksi menjadi akses utama menuju kawasan IKN yang berada di Samboja, Kutai Kartanegara dan Sepaku, Penajam Paser Utara. (sam)

Penulis: Redaksi STV.CO.ID

Artikel Terkait