`

Viral!! Video Aksi Pungutan Liar di Sungai, Diduga Dilakukan Oknum Kepolisian

Viral!! Video Aksi Pungutan Liar di Sungai, Diduga Dilakukan Oknum Kepolisian Rekaman diduga pungutan liar oleh oknum aparat yang beredar di medsos

STV.CO.ID, Samarinda – Rekaman video berdurasi 57 detik yang diunggah di akun media sosial Facebook, Humans Seafarer Gemashari, menyita perhatian masyarakat. Video tersebut viral karena memperlihatkan potongan dugaan aksi pungutan liar oleh aparat kepada awak tugboat (TB) di perairan Sungai Mahakam. Dalam rekaman tersebut, terlihat dua orang diduga oknum aparat menggunakan speedboat mendekati tugboat untuk mengambil amplop dari petugas kapal.

Video tersebut diunggah pada 2 September 2019, dan telah dibagikan kurang lebih sebanyak 1.978 kali, 288.456  tayangan, 487 komentar.

Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Vendra Rivianyanto menuturkan, kejadian ini sudah diketahui dan saat ini masih diselidiki. “Pihak kami masih melakukan pengecekan dan penyelidikan, tapi bisa kami pastikan tidak ada anggota kami dari Polsekta Pelabuhan Samarinda atau KP3 yang ada video tersebut,” tutur Vendra.

Redaksi STV pun mencoba menghubungi, Kasat Pol Air Kutai Kartanegara, Iptu Novandi Arya Kharisma untuk menanyakan perihal dugaan pungutan liar ini. Dirinya menyatakan bahwa kejadian tersebut memang benar terjadi di Samarinda, tanpa menyebutkan dimana lokasi pastinya.

"Kejadiannya awal bulan September, udah diklarifikasi juga, pemilik kapal dan oknum bersangkutan sudah dipertemukan. Uangnya juga sudah dikembalikan kepada pemilik kapal,” ujar Iptu Novandi.

Dia memastikan oknum dalam video tersebut bukan dari kepolisian wilayah Kukar. Iptu Novandi pun meminta polemik ini dihentikan, karena persoalannya sudah selesai. (la)

Penulis: Redaksi STV.CO.ID

Artikel Terkait