Game Nomor 1 di Indonesia, Free Fire atau Mobile Legends?

Posted on
Game Nomor 1 di Indonesia

Seperti yang kita semua ketahui, gaming merupakan sesuatu yang sangat trendi dan hits di kalangan remaja-remaja Indonesia. Jadi tidak aneh jika kita sering mendengar berita-berita tentang game nomor 1 di Indonesia.

Sebagian orang akan berpikir bahwa game nomor 1 di Indonesia adalah game PC. Namun kenyataannya, game yang menduduki popularitas pertama adalah sebuah game mobile yakni Free Fire besutan Garena.

Apa itu Garena Free Fire?

Game Nomor 1 di Indonesia

Free Fire yang dirilis Garena ini merupakan game mobile battle royale yang terinspirasi dari PUBG. sebuah game battle royale yang sebelumnya hanya tersedia pada platform PC dan Desktop.

Gameplay utama Free Fire bisa dibilang persis dengan battle royale lainnya. Dimana player harus bertahan hidup selama-lama nya untuk dapat memenangkan game.

Mengapa Free Fire Menjadi Game Nomor 1 di Indonesia?

Meski sering dikenal dengan sebutan game 8-bit dan toxic karena komunitasnya, kepopuleran Free Fire rilisan Garena ini tidak dapat disangkal. Bahkan ketika dibandingkan PUBG Mobile yang memiliki gameplay yang kurang lebih sama. Free Fire tetap unggul dalam standar kepopuleran, menjadikannya game nomor 1 di Indonesia.

Kepopuleran ini sendiri datang dari seberapa mudah akses game ini untuk masyarakat Indonesia. Memang, grafik yang dimiliki tak seindah PUBG dan mekanik nya pun juga tak seluwes PUBG. Tetapi semua ini membuat game ini lebih mudah dimainkan dengan segala model HP.

Player tak perlu membeli HP dengan spek tinggi-tinggi untuk dapat memainkan Free Fire dengan lancar. Karena HP kentang atau low-end pun dapat dengan nyaman memainkan Free Fire.

Free Fire vs. PUBG

Meskipun PUBG dapat dibilang sebagai game yang lebih baik dibanding dengan Free Fire. PUBG tidak terlalu cocok untuk kalangan gamer casual di Indonesia. Gak semuanya memiliki HP yang mampu menjalankan PUBG di 60fps selama 3 jam berturut-turut.

Sedangkan Free Fire dengan limit player yang lebih sedikit dan grafik yang sedikit lebih buruk. Dapat dimainkan berjam-jam oleh seluruh pengguna baik itu HP kentang, atau high-end.

Detailnya, Free Fire hanya memperbolehkan 50 player untuk bertanding di 1 map. Berbeda dengan ketentuan PUBG yang memperbolehkan sampai dengan 100 player di 1 map.

Collab dan Branding

Selain memiliki spesifikasi yang lebih ramah untuk gamer Indonesia. Free Fire juga sangat ahli dalam mempromosikan gamenya melalui kolaborasi, yang membuatnya mendapatkan lebih banyak perhatian dibandingkan game-game mobile lainnya.

Akhir-akhir ini, Garena seolah-olah tidak mau berhenti mempromosikan Free Fire dengan melakukan kolaborasi dengan berbagai anime, film, TV series, game lain. Bahkan artis-artis atau atlit seperti Christiano Ronaldo dan Joe Taslim.

Contohnya, di November 2020. Free Fire mengadakan kolaborasi dengan manga & anime series Demon Slayer atau Kimetsu no Yaiba. Bertepatan dengan waktu rilisnya movie terbaru untuk serial tersebut.

Di kolaborasi tersebut, Free Fire menghadirkan skin karakter senjata dan katana yang ikonik di serial Demon Slayer. Ini membuat fans-fans anime yang sebelumnya tak mengenal/tak peduli dengan Free Fire ingin memainkan game ini, Karena kolaborasi dengan serial favorite mereka.

Tak hanya itu, pada 27 Maret 2021. Free Fire mengadakan kolaborasi dengan serial anime Attack on Titan yang disebabkan betapa suksesnya kolab mereka dengan serial anime Kimetsu no Yaiba sebelumnya.

Keseringan kolaborasi dengan brand-brand lain ini tentu saja membuat memberi banyak perhatian ke game battle royal Garena ini. Yang akhirnya membuatnya menjadi Game Nomor 1 di Indonesia berkat popularitasnya di berbagai kalangan. Baik itu anime lover, gamer, atau bahkan sports lover.

Kenapa Tidak Mobile Legends Sebagai Game Nomor 1 di Indonesia?

Game Nomor 1 di Indonesia

Seperti yang kita ketahui, Mobile Legends: Bang Bang oleh Moonton merupakan sebuah game mobile yang juga sangat popular di Indonesia tapi sayangnya, kepopulerannya tidak bisa dibandingkan Free Fire.

Hal ini sebagian besar dikarenakan oleh preferensi gamer Indonesia yang lebih merunjuk ke FPS atau first person shooter dibandingkan dengan MOBA atau genre game lainnya.

Faktanya, Free Fire berhasil meraup lebih dari 1 miliar download di Play Store, sedangkan jumlah download Mobile Legends hanya mencapai 100 juta, membuatnya jatuh tahta untuk masalah game nomor 1 di Indonesia.

Kesimpulan

Meski PUBG Mobile dan Mobile Legends merupakan game yang popular di Indonesia, mereka tidak cukup popular untuk megambil tahta Game Nomor 1 di Indonesia, dan meskipun Free Fire memiliki banyak bugs atau grafik yang lebih buruk dibanding PUBG, aksebilitas Free Fire membuatnya layak menjadi Game Nomor wahid di indo.

Akhir Kata

Sekian yang dapat kita sampaikan untuk artikel ini. Memang banyak game-game yang popular di Indonesia, namun pada akhirnya hanya 1 yang dapat menjadi Nomor 1 secara keseluruhan.

So, semoga kalian menemukan artikel ini berguna atau menarik, and we’ll see you all next time!