Mengenal contoh software, jenis dan fungsinya

Posted on

Contoh perangkat lunak adalah semua jenis perangkat lunak untuk penggunaan komputer saat ini. Secara umum, perangkat lunak adalah program komputer yang diformat dan disimpan secara digital. Nantinya, program ini akan berjalan di perangkat.

Perangkat lunak itu sendiri dapat berisi program atau serangkaian instruksi yang kemudian menjalankan perintah tertentu. Dapat dikatakan jika perangkat lunak merupakan bagian dari sistem yang tidak berwujud dan membutuhkan proses instalasi untuk menjalankannya.
Contoh perangkat lunak adalah sebagai berikut:

Dalam penggunaannya, terdapat berbagai contoh aplikasi yang umum digunakan. Perbedaan contoh aplikasi dibedakan berdasarkan jenis penggunaan yang berbeda. Contoh aplikasi tersebut adalah:

  1. Perangkat lunak sistem

Ini adalah jenis aplikasi yang berisi sistem operasi untuk suatu perangkat. Contohnya adalah Windows, Linux atau Mac.

  1. Perangkat Lunak Peramban

Sistem seperti inilah yang nantinya berfungsi sebagai mesin pencari. Contohnya adalah Chrome, Opera atau Firefox.

  1. Nyonya Kantor

Jenis sistem ini adalah alat yang menyederhanakan atau meningkatkan efisiensi berbagai pekerjaan. Contoh sistem adalah kategori Office seperti Word, Excel atau Powerpoint

  1. Perangkat lunak cat

Ini adalah jenis sistem yang digunakan untuk pemrosesan gambar atau desain termasuk pengeditan gambar. Contoh aplikasi jenis ini adalah Adobe Photoshop, Paint, Coreldraw.

  1. Perlindungan Virus

Ini adalah contoh aplikasi yang fungsi utamanya adalah untuk melindungi sistem dari file atau aplikasi lain yang berpotensi merusak sistem atau perangkat. Contoh aplikasi tersebut adalah Smadav, AVG, Norton dan lain-lain.
Ketahui fitur perangkat lunak yang perlu Anda ketahui

Selain mengenal berbagai contoh perangkat lunak, penting juga untuk memahami berbagai fungsi perangkat lunak itu sendiri. Berbagai fitur perangkat lunak meliputi:

Pemrosesan berbagai data, perintah, dan instruksi dengan tujuan memungkinkan pengguna mengoperasikan komputer dan memperoleh hasil dan informasi yang diinginkan.
Jadikan itu sebagai sarana interaksi yang menciptakan koneksi antara pengguna dan perangkat keras yang mereka gunakan.
Mengidentifikasi program yang ada di komputer.
Menyediakan fungsionalitas dasar perangkat keras untuk memungkinkan perangkat berfungsi dengan benar. Contohnya adalah menggunakan sistem operasi untuk memungkinkan komputer berfungsi dengan baik.
Menerjemahkan instruksi perangkat lunak dengan baik ke dalam bahasa mesin adalah tujuan yang harus dipahami oleh komputer.

Berbagai jenis perangkat lunak

Saat menggunakannya, berbagai contoh perangkat lunak ini juga dibedakan berdasarkan jenisnya. Jenis ini biasanya tergantung pada bagaimana perangkat lunak digunakan atau dibagikan. Beberapa jenis perangkat lunak tersebut antara lain:

Perangkat lunak berbayar

Ini adalah jenis perangkat lunak yang mengharuskan Anda membayar untuk menggunakan semua fiturnya. Bahkan jika Anda telah membayar, Anda hanya memiliki hak untuk menggunakan, tetapi tidak untuk mendistribusikan kembali.

Perangkat lunak gratis

Walaupun ada kata gratis, bukan berarti software ini gratis. Yang dimaksud gratis disini adalah anda harus membeli software ini terlebih dahulu, kemudian anda bisa bebas memodifikasi, menggandakan bahkan mendistribusikannya kembali.

perangkat lunak gratis

Ini adalah jenis perangkat lunak yang dapat Anda gunakan secara bebas dan gratis. Namun meskipun demikian, Anda tidak dapat memiliki lisensi untuk perangkat lunak tersebut, dan hak cipta biasanya juga berada di tangan pemilik resminya.

perangkat berbagi

Ini juga merupakan perangkat lunak yang dapat Anda gunakan secara gratis, tetapi biasanya hanya untuk jangka waktu terbatas. Setelah periode ini Anda harus membayar.

sumber terbuka

Ini adalah jenis perangkat lunak yang terbuka. Ini berarti Anda dapat melakukan perubahan mulai dari kode sumber. Nanti Anda juga bisa mendistribusikan software tersebut. Contoh software ini adalah Linux.

Dari sekian banyak jenis software yang ada saat ini, beberapa di antaranya mungkin merupakan software yang menjadi andalan bagi Anda. Dalam praktiknya, contoh perangkat lunak adalah semua jenis perangkat lunak yang diinstal pada komputer dan berfungsi pada perangkat tersebut.

Sumber :